Thursday, June 3, 2010

Pengalaman pertama backpacking : KARIMUNJAWA




WOOOOWWWWWW!!!! Itu kalimat yg jelas buat deskripsi-in pengalaman aku weekend kmrn. They call me being crazy for doing this trip but I have NO REGRET of doing it. Bersyukur bgt bisa liat belahan indonesia yg indaaaaahhhhh bangeeeetttt!!!

Dg modal niat penuh & nekad, aku pun mendaftar di paket tur yg menawarkan liburan ke karimunjawa ala backpacker :)
Akan aku beberkan semua detil & budget biar kalian semua dpt gambaran kira2 apa aja yg harus disiapkan.

Tiket pesawat Jkt-Semarang (397ribu)
Hotel Grasia Semarang (306ribu)
Paket 2hari 1malam Karimunjawa (650ribu)
Tiket Pulang Semarang-Jkt by travel (150rb)

Kurang lebih itu budget dasar. Smua bs d tentukan sesuai keinginan, aku hrs nginep 1mlm d semarang karena aku nyampe sehari lebih cepet dr schedule.
Beberapa teman d tur grup aku pun ada yg naik kereta dr jkt. Sampai stasiun KA Tawang nanti akan d jemput oleh Guide Tour kita. Namanya Astro & Wisnu.
Lucunya, kmrn ketika baru berkenalan, saya &
Astro ternyata 1kampung (palembang), maka berakhirlah kami berdua selalu berkomunikasi dg bahasa kebangsaan, hahahaha..
Astro & Wisnu pun cukup bagus sbg Guide Tour, mreka berusaha sebaik mungkin memenuhi keinginan kita.
Tapi tetap hrs selalu diingat, bahwa ini adalah trip ala backpacker jadi ga bisa minta yg berlebihan juga :)




Hari pertama, berkumpul
d stasiun Tawang & bersama2 kami naik Angkot menuju ke pelabuhan. Naik Kapal 'Kartini' kita pun menyebrang ke Pulau KarimunJawa. Harus dicatat, bahwa sebaiknya makan Antimo (bisa maximal 2), pasang koyo di udel atau minyak telon (sesuai selera) secukupnya. Jgn meremehkan mabuk laut karena pusing yg dirasakan cukup luar biasa. Saya pun 'kalah' di jam ke 2 (total durasi lbh kurang 4-5jam perjalanan), jackpot dg sukses & masuk angin pun mendera.

Sesampai di Pulau, kita akan diangkut dg mobil pickup menuju perumahan penduduk yg telah disulap menjadi penginapan apa adanya utk para backpac
ker. Disana lgsg disuguhi menu mkn siang yg juga apa adanya. Maka sekali lg disarankan utk membawa persediaan makanan sendiri, bila kalian memang tidak cocok dg masakkan penduduk lokal. Contoh, rekan grup saya Galang, membawa Chicken Nugget, juga ada Kadek yg membawa Mie Instan semacam PopMie. Dan saya pun cukup terpenuhi dg kehadiran keripik kentang, roti & oatmeal favorit. Selesai mkn siang, kita pun lgsg diangkut kapal menuju ke pantai. Snorkeling menjadi kegiatan di hari pertama. Saya melihat byk sekali terumbu karang yg rusak, hiksss.. Namun harus diakui langit & pantai karimunjawa memang 'kelewat' INDAH, Wow... Allah memang Maha pencipta :) Malamnya, Astro mengajak peserta tur utk ke alun2 melihat pasar mlm & berjalan2 keliling kampung dg pickup car. But I choose to stay at home, kesehatan pun mulai tumbang d hari pertama, hahahaha

Hari kedua, sekaligus hari trakhir di KJ merupakan pengalaman
terbaik. Hari itu resmi saya dibuat ternganga luar biasa melihat putihnya pasir, jernihnya air, indahnya pantai Karimunjawa. Bahkan saya akhirnya menemukan terumbu karang yg masih hidup, soooo beautiful & I was literally crying :')




Snorkeling berjam2 pun saya lakukan, sungguh langit Kari
munjawa adalah yg terindah yg pernah saya lihat. Di kapal pun untungnya saya bergabung dg tim yg terdiri dari org2 paling fun. Mreka adalah Kadek, Galang, Ojan & Rocky. We were laughing our asses off like crazyyyyy!!! Hahahahaaaaa I love my team :) Hari kedua pun diisi dg bakar ikan, snorkeling sampai puas, main pasir, ke penangkaran hiu & penyu. PUAAASSSSS bgt!!!!! Akhirnya kami pun pulang, namun perjalanan nekad kali ini telah membawa saya melihat hal baru d balik indahnya bumi indonesia. Bahkan dlm tulisan inipun belum smuanya saya ceritakan, I had a superb BLAST from my Karimunjawa trip.




Buat kalian semua, harus bangga sbg bangsa Indonesia, ga harus ke Maldives atau Hawai kok buat nyari pariwisata cantik :)

Ini adalah kontak buat kalian yg tertarik ingin melakukan perjalanan ke KJ: -ASTRO (081575186733) Hope u feel da same experience that I did :) I LOVE INDONESIA..





7 comments:

Anonymous said...

Kira2 budgetnya berapa y klo backpackeran??

http://triphoria.blogspot.com

Farid said...

wow, berani amatt

..emang wisata Indonesia tak kalah saing, must love Indonesia..

Yohanis Lintin Paembongan said...

pengalaman yang menarik, bangga sebagai Bangsa Indonesia... tapi koq lebih memilih si bule daripada Caesar??? Hiks, hiks

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

setuju. Saya juga suka short trip sekali2 kayak gini dan kayaknya sampe mati Indonesia ga akan habis di explore. I love Indonesia!

Anw, like ur blog! :)

Soraya Hylmi said...

Yaaayyy it was hella fuuunnn..!!!
Harus cobain kesanaaa..

Buat yg nanya harga, wah tandanya ga baca dengan seksama, cuma liat2 foto aja yah..

Disitu aku cantumin rincian budget sampe ke contact person nya lho :)

heroepotter said...

Menarik sekali :) Bagi yang belum ke karimunjawa bisa memesan paket berlibur lewat situs kami http://karimunjawamenjanganresort.com/